Artikel llmiah
The effect of problem-based learning (PBL) on different academic abilities on critical thinking of grade XI students on coordination system material
XMLTindakan-tindakan ilmiah yang berkaitan dengan fakta dan masalah seharihari diperlukan dalam proses belajar biologi untuk melatihkan kemempuan
berpikir siswa. Keterampilan berpikir berguna untuk menghadapi tantangan
pendidikan dan perkembangan teknologi abad 21. Namun kondisi ini belum
maksimal terutama keterampilan berpikir kritis pada kemampuan akademik
berbeda. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model PBL pada
kemampuan akademik berbeda terhadap berpikir kritis siswa kelas XI pada
materi sistem koordinasi. Penelitian quasi eksperimen ini dilaksanakan pada
siswa kelas XI IPA 1 SMAN 10 Banjarmasin dan kelas XI IPA 3 SMAN 12
Banjarmasin. Sampel kemampuan akademik atas berjumlah 26 siswa, dan
akademik bawah 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa essay melalui
pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis
menggunakan Anacova setelah data memenuhi uji normalitas dan
homogenitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran PBL terhadap berpikir kritis pada siswa kemampuan akademik
yang berbeda, dimana nilai F hitung kelas sebesar 91,84 dengan nilai p 0,000
atau kurang dari 0,05. Nilai F hitung akademik sebesar 8,26 dengan nilai p
0,006 atau kurang dari 0,05. Model pembelajaran ini bisa menjadi solusi untuk
menghasilkan lulusan pendidikan yang kompeten dalam berpikir kritis.
Detail Information
Item Type |
Other
|
---|---|
Penulis | |
Student ID |
1121068301
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edisi |
Published
|
Departement | |
Kontributor | |
Bahasa | |
Penerbit | Universitas Lambung Mangkurat : Banjarmasin., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |