PENGARUH PEMBERIAN AIR REBUSAN DAUN SIRSAK (Annona muricata L) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT PADA PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PASAWAHAN KABUPATEN PURWAKARTA

Detail Cantuman

PENGARUH PEMBERIAN AIR REBUSAN DAUN SIRSAK (Annona muricata L) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT PADA PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PASAWAHAN KABUPATEN PURWAKARTA

XML

Latar Belakang : Asam urat merupakan suatu penyakit karena kelainan metabolisme purin (Hiperurisemia). Peningkatan produksi asam urat terjadi akibat : produksi asam urat berlebih, konsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi purin, kurang cairan dan aktifitas fisik. Daun sirsak memiliki senyawa acetogenin dan flavonoid yang membantu mencegah terjadinya pembentukan asam urat.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian One group pre-post test design dengan subjek sebanyak 31 pasien rawat jalan Puskesmas Pasawahan Kabupaten Purwakarta, kadar asam urat diukur pada awal penelitian (pre-test), lalu pasien diberi treatment air rebusan daun sirsak. Air rebusan daun sirsak terdiri dari 6 gram atau 10 lembar daun sirsak yang telah dicuci bersih dan direbus dengan air 600 ml yang dimasak hingga mendidih dan tersisa 200 ml. pemberian dilakukan selama 7 hari berturut-turut lalu kadar asam urat diukur kembali di hari ke-8 (post-test). Analisis data yang digunakan yaitu Paired T-test untuk uji univariat sedangkan uji bivariat menggunakan Rank Spearman dan Pearson Product Moment.

Hasil : Rata-rata nilai kadar asam urat sebelum diberikan air rebusan daun sirsak (pre-test) adalah 7, 16±1, 25 mg/dl dan kadar asam urat setelah diberikan air rebusan daun sirsak (post-test) adalah 7,15±1, 18 mg/dl.

Simpulan : Tidak ada pengaruh pemberian air rebusan daun sirsak (Annona Muricata L) terhadap penuruna kadar asam urat.


Detail Information

Item Type
Master's Thesis
Penulis
Nursoleha, Nela - Personal Name
antum - Personal Name
Student ID
1321115004
Dosen Pembimbing
Ahmad Yani - 0417077805 - Dosen Pembimbing 1
Restu Amalia Hermanto - 0413128902 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Irwan Haryanto - 0406056401 - Ketua Penguji
Tomi Herutomo - 8853020016 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Program Studi S1 Ilmu Gizi
Kontributor
Nela Nursoleha, - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik : Purwakarta.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
G.0035
Copyright
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail