PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Detail Cantuman

NATIONAL SEMINAR PROCEEDINGS

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

XML

Belajar dapat dikatakan sebagai proses penggunaan unsur-unsur kognitif (berpikir) yang bertujuan membangun struktur kognitif siswa. Selanjutnya struktur kognitif berperan dalam strategi kognitif yaitu mengatur cara belajar dan berpikir seseorang dalam arti seluas-luasnya termasuk kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan memecahkan permasalahan tersebut tentunya harus disertai dengan keterampilan berpikir kritis. Hal tersebut dianggap penting karena tujuan belajar adalah membangun struktur kognitif siswa, namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa proses kegiatan belajar mengajar masih di dominasi oleh guru dan rancangan yang disusun oleh guru belum secara maksimal untuk memberdayakan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Basied Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Banjarmasin. Penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan rancangan nonequivalent prites-post test control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 12 Banjarmasin pada konsep sistem koordinasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis dalam bentuk essay. Selajutnya menggunakan rubrik untuk pengukuran keterampilan berpikir kritis siswa. Data dianalisis menggunakan anava satu jalur dengan bantuan
SPSS versi 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada sistem koordinasi dengan nilai F = 51.998 (p =0.000). data hasil analisis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berpotensi dalam memberdayakan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem koordinasi.


Detail Information

Item Type
PROCEEDINGS
Penulis
Siti - Personal Name
Fitri Febrianti - Personal Name
Student ID
3061224035
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas PGRI Madiun
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas PGRI Madiun : Madiun.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail