NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN KALIMANTAN SELATAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Detail Cantuman

international seminar

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN KALIMANTAN SELATAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

XML

Pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013 menekankan pendidikan
karakter pada aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Selain itu siswa mampu
mengembangkan potensi tertentu agar dapat melakukan sesuatu dalam bentuk
kemahiran, ketepatan, dan keberhasilan dengan penuh tanggung jawab. Dalam
pembelajaran siswa diharapkan mampu belajar sendiri sesuai dengan kemampuan
yang dimiliki. Oleh karena itu diperlukan penggunaan alat yang berbeda baik
sarana maupun bahan ajar yang berbeda pula misalnya cerpen yang mengandung
kearifan lokal. Pendidikan karakter merupakan pendidikan nilai, pendidikan budi
pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan
kemampuan siswa untuk memberikan keputusan baik- buruk, memelihara apa
yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan
sepenuh hati. Fokus masalah ini adalah a. Bagaimana nilai-nilai pendidikan
karakter dalam cerpen Kalimantan Selatan dan b. Bagaimana implikasinya dalam
pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Ada 19
nilai dalam pendidikan karakter Kemendiknas, yaitu relijius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersemangat
nasionalis/ cinta tanah air, menghargai prestasi, ramah/komunikatif, cinta damai,
suka memberi, peduli lingkungan, peduli social, bertanggung jawab dan punya
empati sosial. Cerpen Kalimantan Selatan yang dipilih adalah “Jempol Kaki Ibu Ada
di Televisi” Karya Harie Insani Putra yang termasuk kumpulan cerpen Aruh sastra
Kalimantan Selatan Ke-XI Kabupaten Tapin 2014. Metode penelitian ini adalah
metode deskriptif analisis. Tulisan ini menguraikan hasil analisis yang mengandung
nilai pendidikan karakter dalam cerpen dan Implikasinya dalam pengajaran bahasa
dan sastra Indonesia di sekolah menengah yang dideskripsikan dengan simulasi,
metode dan strategi guru.


Detail Information

Item Type
PROCEEDINGS
Penulis
Ida Komalasari - Personal Name
Student ID
0030126901
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Lambung Mangkurat : Banjarmasin.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Lembaga Penerbit
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail